Terms & Condition

Dengan membaca term of service dan privacy policy Qbaca berarti Customer setuju untuk tunduk pada Terms and Condition ini dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

Definisi

  1. Layanan Qbaca adalah layanan buku elektronik yang disediakan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (disingkat TELKOM) baik untuk konten Qbaca yang gratis maupun berbayar yang dapat diakses melalui aplikasi Qbaca Telkom.
  2. Konten Qbaca adalah konten buku digital (termasuk namun tidak terbatas pada komik, majalah, koran, novel, dan buku dalam bentuk digital) yang dimiliki dan dikendalikan oleh TELKOM atau yang dilisensikan dari pihak ketiga. Konten Qbaca dapat termasuk banner, iklan, dan konten promosi lainnya.
  3. Publisher adalah penyedia dan atau pengembang konten yang terdapat dalam Qbaca yang bekerjasama dengan TELKOM, baik itu penulis maupun penerbit.
  4. Customer adalah orang yang menggunakan layanan Qbaca sebagai pembaca.
  5. Indihome adalah layanan broadband internet yang disediakan oleh TELKOM kepada pelanggannya.
  6. Website adalah halaman dalam World Wide Web yang disediakan pada jaringan internet.
  7. Aplikasi Qbaca adalah software/aplikasi yang harus diinstal Customer agar konten-konten Qbaca yang ada dan ditawarkan dapat dinikmati.
  8. Software adalah perangkat lunak yang dipergunakan sebagai alat bantu untuk menjalankan suatu sistem komputer atau aplikasi.
  9. Hak atas kekayaan intelektual, kekayaan industri dan hak tidak berwujud yang timbul berdasarkan hukum Negara, namun tidak terbatas pada seluruh (i) hak atas paten dan aplikasi paten dan hak serupa (termasuk paten atas utilitas, paten atas desain, dan hak atas penggunaan model), (ii) hak atas hak cipta, merek dagang (termasuk goodwill), database dan mask works dan setiap aplikasi, pendaftaran dan hak-hak lainnya yang terkait, dan (iii) hak atas rahasia dagang, informasi rahasia, kecakapan teknik.

Umum

TELKOM setiap saat berhak menambah atau mengubah ketentuan Terms and Condition. Customer mengerti dan setuju bahwa ketentuan tambahan tersebut secara otomatis, dengan ini menjadi satu kesatuan dengan ketentuan Terms and Condition ini.

Penghentian dan Pembatalan

  1. TELKOM berhak, atas pertimbangannya sendiri, dengan segera, baik tanpa sebab maupun tanpa pemberitahuan, menghentikan, membatalkan untuk sementara dalam jangka waktu tertentu dan/atau membatalkan (i) Terms and Condition ini; (ii) akses terhadap Penggunaan Layanan Qbaca aplikasi Customer melanggar Ketentuan Layanan ini. Tanpa mengesampingkan aturan umum tersebut di atas, TELKOM memiliki hak untuk menghentikan dan/atau membatalkan Layanan Qbaca apabila Qbaca mengetahui bahwa Customer telah memberikan keterangan yang salah atau menyesatkan pada saat pendaftaran atau menyalahgunakan Qbaca.
  2. TELKOM berhak menurunkan/ menghapus/ mengganti/ men-take out konten buku dari daftar konten buku di Qbaca tanpa ada pemberitahuan sebelumnya kepada Customer. Terhadap kepemilikan konten buku yang diturunkan/ dihapus/ diganti/ di take out tersebut, Customer tunduk pada aturan TELKOM yang akan disampaikan dikemudian hari pada saat konten buku diturunkan/ dihapus/ di take out.

Penggunaan Layanan

  1. Untuk mengakses Layanan Qbaca, Customer harus mendaftarkan diri menjadi anggota di website atau di aplikasi Qbaca.
  2. Email konfrimasi akan segera dikirimkan ke email yang telah didaftarkan sebelumnya. Customer kemudian mendapatkan link untuk mengaktivasi layanan Qbaca.
  3. Layanan terbuka untuk semua jaringan operator dan tidak dikenakan biaya apapun.
  4. Jika layanan tidak tersedia dikarenakan oleh operasional atau kesalahan teknis perusahaan, hal ini akan diumumkan di website Qbaca.

Informasi Pendaftaran

Para Customer yang mendaftarkan untuk menggunakan Layanan harus memberikan informasi yang lengkap dan terbaru (Selanjutnya disebut dengan "informasi pendaftaran").

Modifikasi Layanan Qbaca

Para Customer yang mendaftarkan untuk menggunakan Layanan harus memberikan informasi yang lengkap dan terbaru (Selanjutnya disebut dengan "informasi pendaftaran").

Batasan Tanggung Jawab

  1. TELKOM bertanggung jawab terhadap pengelolaan dan/atau penyelenggaraan dan/atau pemeliharaan dan/atau pengembangan terhadap perangkat hardware dan/atau software termasuk namun tidak terbatas pada data identifikasi pelanggan yang digunakan dalam penyelenggaraan Layanan Qbaca. Apabila terjadi kerusakan akibat kesalahan TELKOM dan/atau pegawainya dan/atau Mitra TELKOM yang telah terbukti, TELKOM akan melakukan perbaikan dan/atau upaya lainnya yang wajar menurut pertimbangan TELKOM sehingga Layanan TELKOM dapat berfungsi dan dapat digunakan oleh Customer.
  2. TELKOM tidak bertanggung jawab terhadap kerusakan perangkat Customer Layanan Qbaca yang disebabkan termasuk namun tidak terbatas pada virus atau trojan atau program pihak ketiga atau prgram jahat lainnya, atau kegagalan hardware, atau pihak ketiga atau bencana alam (force majeur) yang mengakibatkan Layanan Qbaca rusak dan/atau tidak dapat diakses dan/atau tidak dapat digunakan.
  3. TELKOM tidak bertanggung jawab atas kerugian secara langsung, sebagai dampak atau tidak disengaja (consequential and incidental damages), yang sudah diperkirakan sebelumnya atau belum, yang mungkin muncil dari ketidaktersediaan atau gagal berfungsinya Layanan Qbaca.
  4. TELKOM tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang terjadi secara langsung, tidak langsung, insidental, khusus atau yang merupakan akibat yang berasal dari penggunaan atau tidak dapat dipergunakannya Layanan Qbaca atau transaksi yang dilakukan melalui Layanan Qbaca atau akibat dari akses masuk yang tidak sah kedalam atau perubahan transmisi atau data Pelanggan,  namun tidak terbatas pada kerugian atas hilangnya, keuntungan, kegunaan, data atau hal yang tidak terlihat lainnya, bahkan apabila TELKOM telah diberitahukan atau dapat atau seharusnya mengetahui kemungkinan terjadinya kerugian tersebut.
  5. Software atau aplikasi pihak ketiga yang terinstall didalam komputer atau perangkat Customer merupakan tanggung jawab Customer, dan Customer melepaskan TELKOM dari segala tuntutan/klaim/gugatan dari pihak manapun.

Jam Operasional Layanan

Pada prinsipnya, Layanan tersedia 24 jam per hari dan 7 hari per minggu tanpa interupsi. Akan tetapi, Layanan dapat diberhentikan sementara dikarenakan oleh hal-hal operasional Qbaca atau kesulitan teknis, atau untuk sementara tidak tersedia untuk kurun waktu tertentu yang ditetapkan oleh Qbaca untuk tujuan administrasi. Dalam hal ini, Qbaca akan memberikan pengumuman sebelum atau sesudahnya.

Hak Cipta dari Konten yang Dipasang

  1. Hak cipta dari konten buku elektronik yang dipasang di Layanan Qbaca adalah milik penulis atau publisher dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher yang bekerjasama dengan TELKOM sebagai penyelenggara layanan Qbaca. Qbaca memiliki hak untuk menyiarkan konten tersebut di dalam layanan.
  2. Customer (member) Qbaca diperbolehkan untuk mendownload seluruh konten buku elektronik baik yang berbayar maupun yang gratis, Akan tetapi tidak diperbolehkan menyalin atau menggandakan seluruh atau sebagian ini konten buku elektronik dalam layanan Qbaca. Pelanggaran hak cipta dari konten buku elektronik yang dipasang diatur dalam undang-undang terkait.
  3. Para Customer tidak dapat memproses dan menjual informasi yang didapatkan dari layanan atau membiarkan pihak ketiga menggunakan materi konten yang dipasang di layanan untuk tujuan komersial. Pelanggaran hak cipta dari konten yang dipasang diatur dalam undang-undang terkait.

Kerahasiaan Informasi dan Layanan Konsumen

  1. Layanan Qbaca tidak dapat memberikan atau mendistribusikan informasi pribadi para Customer yang didapatkan melalui layanan kepada pihak ketiga. Akan tetapi, hal ini tidak termasuk ketika informasi tersebut diminta melalui prosedur hukum yang sah oleh pihak berwanang terkait antara lain: Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat pegawai Negeri Sipil tertentu dan kejaksaan.
  2. Layanan Qbaca harus menanggapi secara cepat seluruh keluhan para Customer terhadap layanan. Dalam hal, penjelasan singkat mengenai keluhan tersebut sulit dilakukan, Qbaca akan memasang alasannya di layar layanan atau melalui email dan akan merencanakan peningkatan layanan.
  3. Layanan Qbaca bersandar pada kitab Undang-Undang Hukum Pidana, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, Undang-Undang tentang Perlindungan Konsumen, Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan undang-undang serta peraturan-peraturan terkait lainnya untuk mengoperasikan dan menyediakan layanan.

Kewajiban Customer

Dalam menggunakan layanan, para Customer dilarang melakukan hal-hal berikut:

  1. Memberikan informasi palsu ketika mengajukan aplikasi untuk berlangganan dan memperbaharui informasi atau dengan tidak legal menggunakan ID dan password Anggota lainnya.
  2. Menggandakan, mendistribusikan atau secara komersial menggunakan informasi yang didapatkan dari Layanan Qbaca.
  3. Memasang konten tidak senonoh atau memasang link ke halaman website atau aplikasi yang tidak senonoh ke dalam layanan.
  4. Berkomunikasi dengan pihak lain dengan informasi, tulisan, gambar, atau suara yang mengganggu ketertiban publik dan mengabaikan moral.
  5. Memasang atau mendistribusikan materi berisi virus komputer yang menyebabkan tidak berfungsinya peralatan yang berhubungan dengan layanan, merusak informasi dan menghasilkan kekacauan.
  6. Secara sengaja mengganggu operasional layanan, mengirimkan informasi yang mungkin menginterupsi pengiriman layanan.
  7. Mendistribusikan informasi palsu untuk kepentingan keuntungan moneter pribadi atau pihak lain, atau mencelakai keinginan pihak-pihak lain.
  8. Merubah atau mengganti informasi yang dipasang di layanan.
  9. Mengancam Anggota lainnya, termasuk menguntit mereka.
  10. Ketentuan-ketentuan dalam kitab Undang-Undang Hukum Pidana, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, Undang-Undang tentang Perlindungan Konsumen, Undang-Undang tentang Informasi, dan Transaksi Elektronik, Undang-Undang tentang Hak Cipta atau melakukan aktivitas ilegal atau kriminal lainnya.

Pembebasan

Customer setuju untuk menjamin dan membebaskan Qbaca, subsidiari, dan/atau afiliasinya, serta direktur-direktur, komisaris-komisaris, pejabat, pegawai, agen, dan wakil-wakilnya dari segala gugatan atau tuntutan, termasuk biaya pengacara yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga atas atau yang timbul dari Penggunaan Layanan Qbaca oleh Customer, pelanggaran atas Ketentuan Layanan ini oleh Customer, atau pemalsuan suatu Hak Atas Kekayaan Intelektual oleh Customer, dari Hak Atas Kekayaan Intelektual atau hak lain yang dimiliki orang atau badan lain.

Ketentuan Hukum yang Berlaku

Para Customer harus mematuhi undang-undang terkait, peraturan dalam perjanjian ini, petunjuk penggunaan, dan pemberitahuan yang dipasang di layar Layanan serta pengumuman lainnya yang diberikan, dan tidak mengambil bagian dari aktivitas yang mengganggu kelancaran layanan Qbaca.

Non-Transferability

Para Customer tidak diperbolehkan untun mentransfer atau memberikan hak berlangganan atau status dalam kontrak berlangganan mereka kepada pihak lain.

Wilayah Yuridiksi

  1. Jika terjadi perselisihan antara TELKOM dan Customer mengenai Penggunaan Layanan, TELKOM dan Customer berusaha untuk menyelesaikan dengan musyawarah dan mufakat.
  2. Dalam hal perselisihan tersebut tidak dapat diselesaikan dapat mengajukan tuntutan di pengadilan sesuai dengan Undang-Undang Hukum Pidana.

Upaya-Upaya Atas Pelanggaran Ketentuan Ini Oleh Customer

Apabila Qbaca memutuskan, berdasarkan pertimbangannya sendiri, bahwa Customer telah melanggar suatu bagian ketentuan Layanan ini, atau telah terbukti melakukan tindakan yang tidak pantas terhadap Layanan Qbaca, maka Qbaca berhak untuk (i) memberikan peringatan kepada Customer bahwa Customer telah melanggar terentuan layanan ini; (ii) menghentikan layanan Qbaca kepada Customer; (iii) memberitahukan dan/atau bekerja sama secara penuh dengan Aparat Penegak Hukum atau Pejabat yang berwenang lainnya untuk langkah selanjutnya; dan/atau (iv) melakukan tindakan lainnya yang menurut pertimbangan Qbaca tepat dan sesuai.

Lain-lain

Apabila suatu ketentuan dalam ketentuan Layanan ini bertentangan dengan hukum yang berlaku bagi Ketentuan Layanan ini atau apabila suatu ketentuan dinyatakan tidak berlaku oleh pengadilan yang berwenang mengadili para pihak dari Ketentuan Layanan ini, Ketentuan tersebut akan dianggap untuk dinyatakan kembali agar mencerminkan sedekat mungkin tujuan awal para pihak sesuai dengan hukum yang berlaku, dan Ketentuan Layanan lainnya dari Ketentuan Layanan ini masih tetap berlaku efektif.

Kegagalan satu pihak untuk memaksa atau melaksanakan kepada pihak lainnya kewajiban sesuai Ketentuan Layanan ini atau melaksanakan hak berdasarkan Ketentuan Layanan ini, tidak akan dianggap sebagai pengenyampingan atau pelepasan suatu hak dari salah satu pihak untuk menuntut atau menggantungkan pada ketentuan atau menggantungkan pada ketentuan atau hak di dalamnya atau kejadian lainnya, akan tetapi hal yang sama tetap berlaku.

Qbaca dapat mengalihkan hak dan kewajiban berdasarkan Ketentuan Layanan ini dan atas pengalihan tersebut Qbaca dapat dilepaskan dari setiap kewajiabnnya berdasarkan Ketentuan Layanan ini.

Customer menyatakan bahwa Customer memiliki wewenang untuk menandatangani kontrak berlangganan atau dokumen lain yang menyatakan kesepakatan antara Qbaca dan Customer terhadap kesediaan Customer berlangganan atau menggunakan Layanan Qbaca termasuk besaran tarif dan ketersediaan pembayaran.

Ketentuan Layanan ini dan Ketentuan Tambahan lainnya adalah merupakan peraturan kesepakatan menyeluruh antara para pihak berkaitan dengan permasalahan yang diatur dalam Ketentuan Layanan ini, dan mengganyikan semua kesepakatan dan pengertian yang telah ada sebelumnya.

Setiap Ketentauan dati ketentuan Layanan ini yang tidak bisa secara hukum dilaksanakan, akan, atas pilihan Qbaca, dihapuskan atau dimodifikasi untuk memperbaiki kesalahan tersebut dan, tanpa kecuali ketentuan lain dari Ketentuan Layanan ini masih akan tetap berlaku dan dapat dilaksanakan.

Hubungi Kami

Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran mengenai Kebijakan Privasi ini, Anda dapat menguhungi kami melalui:

Email   : info@qbaca.com

Web     : https://qbaca.com