Frequently Asked Questions (FAQ)

Q:Apa itu Qbaca?

A: Qbaca merupakan ekosistem Buku Digital Indonesia. Di dalam Qbaca, terdapat: 

  1. Koleksi buku-buku digital dari berbagai penerbit, baik buku gratis maupun buku berbayar.
  2. Toko tempat melakukan pembelian dan pembayaran buku. Saat ini pembayaran dapat dilakukan melalui Pemotongan Pulsa, ATM, Internet Banking, dan SMS Banking.
  3. Rak buku tempat meletakkan buku-buku yang telah dibeli atau diunduh gratis.
  4. Reader tempat mebaca buku-buku secara nyaman, dengan fasilitas pengubahan ukuran dan jenis huruf.

Q: Di mana Qbaca dapat Diperoleh?

A: Bagi user, Qbaca dapat dinikmati sebagai aplikasi yang dapat dipasang di gadget, yaitu di smartphone atau tablet dengan sistem operasi Android atau Apple iOS (iPhone, iPod, iPad, dll). Qbaca dapat diperoleh secara cuma-cuma di:

  1. Android: Google Playstore. Gunakan kata kunci: Qbaca. Atau https://play.google.com/store/apps/details?id=com.access_company.android.ai_qbaca_telkom
  2. iOS apps store: gunakan keyword Qbaca

Q: Untuk Siapa Qbaca?

A:

  1. Qbaca adalah perangkat bagi kita yang mencintai buku, untuk dapat selalu membawa semua buku kesayangan kita, berapapun jumlahnya, untuk dibaca di mana saja dan kapan saja, tetap dalam kenyamanan dan keakraban membaca buku.
  2. Qbaca adalah ruang pendidikan dan pengajaran, tempat bukan saja buku-buku pendidikan disimpan untuk mudah diakses dari mana saja, tetapi juga interaksi pendidikan (lembar kerja, kuis, eksperimen) dapat diciptakan hidup di atas buku-buku digital.
  3. Qbaca adalah perangkat bagi kita yang menggemari budaya digital, agar dapat memanfaatkan gadget untuk mengeksplorasi berbagai informasi dan gagasan secara lebih mendalam daripada sekedar kicauan media sosial.
  4. Qbaca adalah ekosistem yang menggerakkan penulis buku, penerbit buku, pencipta konten digital, kreator visual, komunitas penggemar buku, hingga penggemar gaya hidup digital untuk berkolaborasi menciptakan nilai hidup baru buat bangsa yang lebih baik dan lebih keren.

Q: Bagaimana Cara Menerbitkan Buku di Qbaca?

A:

  1. Jika Anda adalah penulis, di tahap awal ini Telkom hanya dapat menyarankan Anda untuk menghubungi penerbit yang telah bekerja sama dengan Qbaca. Penerbit-penerbit tertentu akan memberikan kemudahan untuk penerbitan buku untuk Qbaca. Silakan tanyakan kepada kami di menu Kontak Kami di Qbaca.id
  2. Jika Anda adalah penerbit, siapkan TDP, SIUP, dan NPWP perusahaan. Berikutnya penerbit dan Telkom akan menyiapkan perjanjian kerja sama (PKS) termasuk pola revenue sharing. Hubungi dulu kami melalui menu Kontak Kami di Qbaca.id

Q: Apa Diferensiasi Qbaca?

A:

  1. Qbaca didukung oleh penerbit-penerbit buku Indonesia terkemuka, yang memiliki reputasi sebagai penerbit buku berkualitas tinggi. Qbaca juga didukung oleh komunitas-komunitas penulis, pembaca, reviewer buku, serta komunitas digital trendsetter di Indonesia.
  2. Qbaca menyediakan bacaan sehat. Konten-konten tidak mendidik tidak akan tersedia di Qbaca. Maka Qbaca merupakan penyedia bacaan sehat dan mencerdaskan bagi masyarakat Indonesia.
  3. Format buku Qbaca adalah EPUB3 yang terbakukan, sehingga mudah dipersiapkan oleh publisher. Format EPUB3 (baru diluncurkan tahun 2012) ini juga memungkinkan konten multimedia (animasi, video, konten interaktif) untuk dimasukkan ke dalam buku. Di samping itu, format ini memungkinan pengguna gadget berlayar kecil dan berlayar besar untuk menikmati membaca buku dengan kenyamanan yang sama.
  4. Di samping buku berbayar dan buku gratis, Qbaca menyiapkan model bisnis buku beriklan. Bagi pembaca, buku ini tampak seperti buku gratis dengan konten premium. Namun penerbit dan penulis tetap mendapatkan revenue yang diperoleh dari iklan. Iklan dipasang bukan sebagai banner, melainkan sebagai poster dalam halaman buku, yang temanya disesuaikan dengan tema buku.

 

Q: Bagaimana Cara menerbitkan buku?

A: Para penulis, pemula maupun yang karyanya sudah sering diterbitkan. Ingin karya-karyanya diterbitkan secara digital? Sudah tahu kah bahwa dengan buku digital, maka wilayah calon pembeli buku karya Anda akan semakin meluas bahkan hingga seluruh dunia, dan tidak bergantung pada jarak dan biaya distribusi. Sehingga di manapun pembeli karya Anda, akan membeli dengan harga yang sama, sehingga meningkatkan daya jual karya Anda.

Untuk karya yang belum pernah diterbitkan silakan kirim langsung draftnya ke buku@qbaca.com dan kami akan teruskan ke penerbit-penerbit yang sudah bergabung dengan Qbaca. Lalu mereka akan menghubungi penulis langsung untuk memproses penerbitan buku digital di Qbaca. Tentu saja kami bisa bantu mengingatkan bila belum ada penerbit yang menghubungi.

Untuk karya yang sudah pernah diterbitkan dalam format buku kertas dan ingin juga diterbitkan dalam format buku digital, silakan informasikan judul buku dan penerbit yang mempublikasikan dalam format buku kertas atas karya Anda tersebut. Kami akan menghubungi penerbit yang bersangkutan untuk bisa memproses digital copyright dengan Anda dan buku segera terbit di Qbaca.

Karya yang dibaca banyak orang, adalah sumber kebahagiaan para penulis. Qbaca membantu penulis untuk memperluas wilayah dan memperbesar peluang karya Anda mendapatkan pembacanya.